Inilah 3 Syarat Utama Masuk Jurusan Teknik Sipil

Inilah 3 Syarat Utama Masuk Jurusan Teknik Sipil

Syarat Utama Masuk Jurusan Teknik Sipil –  Bidang ini memiliki peran penting karena sejalan dengan kebutuhan dan pergerakan manusia. Anda pasti dapat melihat bahwa semua jenis perkembangan seiring berjalannya waktu dan meningkat. Mulai dari pembangunan gedung, infrastruktur, bahkan memperhatikan dampaknya terhadap perubahan lingkungan. Tidak heran jika para profesional Lulusan ini selalu dibutuhkan dan persyaratan masuk teknik sipil yang menantang menjadi tantangan bagi mereka yang ingin melanjutkan studi. Bisa jadi.. anda juga yang memiliki minat!

Banyak yang awalnya mengira Jurusan Teknik Sipil sebagai’ gerbang awal ‘ sebelum berkarir sebagai pegawai negeri sipil (PNS). Yah, bahkan jika Anda ingin menjadi pegawai negeri, Anda bisa—selama ada lowongan. Namun, lulusan teknik sipil tidak hanya sebatas terjun ke dunia tugas kenegaraan. Anda dapat berkarir sebagai Insinyur Sipil, pemilik Proyek, konsultan, Kontraktor, Perancang Sipil, dosen, atau bahkan arsitek. Prospek pekerjaan Anda akan sangat besar! Sejauh memiliki kompetensi dan keahlian Teknik Sipil, Anda bebas memilih untuk bekerja di berbagai perusahaan properti, konstruksi, atau pengembang.

Eitss.. tetapi sebelum merencanakan studi Anda dan mempersiapkan persyaratan masuk Teknik Sipil, Anda harus benar-benar memahami jurusan ini terlebih dahulu. Teknik Sipil berbeda dengan arsitektur dan Teknik Perencanaan wilayah dan Perkotaan. Jika teknik perencanaan membuat rancangan infrastruktur daerah dan arsiteknya adalah perancang bangunan sesuai dengan fungsi dan estetikanya-teknik sipil adalah salah satu yang menerjemahkan randangan secara teknis dan menjalankannya di lapangan. Yup, dengan kata lain, ketiganya saling melengkapi!

1. Jurusan Sains di SMA

Umumnya, universitas memiliki persyaratan masuk teknik sipil yang mengharuskan Anda lulus dari jurusan sains saat bersekolah. Biasanya mereka meminta Matematika, Fisika, dan bahasa Inggris minimal pukul 8.00. Tentunya bisa berbeda di kampus lain—yang penting kamu harus bisa menunjukkan prestasi dan potensi akademik yang baik.

Baca Juga: Inilah 5 Alasan James Cook University Singapura Menjadi Tempat Terbaik Untuk Belajar

2. Suka hitungannya!

Jika Anda mengambil jurusan Teknik Sipil, Anda harus siap menghadapi tugas dan proyek yang melibatkan angka, pengukuran, atau perhitungan. Ilmu yang sering digunakan adalah trigonometri, kalkulus, statistika, dan fisika. Jadi, pastikan Anda tertarik atau setidaknya siap menghadapi pembelajaran di Jurusan Teknik Sipil ini!

3. Memiliki manajemen waktu yang efisien

Oh ini wajib! Anda harus memiliki manajemen waktu yang baik. Teknik Sipil adalah jurusan yang sangat aktif. Anda akan sering pergi ke lapangan, proyek, survei pemetaan, hingga praktikum di laboratorium. Jika Anda tidak mengatur waktu dengan baik, jam tidur Anda bisa menjadi berantakan dan Anda kesulitan memiliki waktu luang untuk melakukan hal lain. Lebih baik mengatur waktu dengan bijak. Putuskan apa prioritas Anda dan pastikan Anda punya waktu untuk beristirahat.

Itulah beberapa persyaratan masuk Teknik Sipil secara singkat dan garis besar! Untuk persyaratan umum dan lebih rinci, biasanya akan menyangkut ketentuan universitas tujuan Anda. Kamu bisa mengetahuinya dan diperlengkapi mulai sekarang agar tidak ada yang terlewatkan!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *